resume-MOW2007
1. Menggunakan Microsoft Office Word 2007
Aplikasi Microsoft memiliki beragam versi dengan fungsi yang sama dan bentuk tampilan serta fiturnya yang berbeda.
Untuk mengaktifkannya yaitu dengan klik menu START --> ALL PROGRAMS --> MICROSOFT OFFICE --> MICROSOFT OFFICE WORD 2007 atau dengan cara menuliskan kata MICROSOFT WORD pada SEARCH yang ada di menu START atau jika di aplikasi ini sudah ada di desktop, kita tinggal mengeklik 2 kali pada ikon MICROSOFT OFFICE WORD 2007.
Apabila telah selesai, klik OFFICE BUTTON --> pilih CLOSE, tekan kombinasi tombol Alt+F4, klik tombol CLOSE pada control button dan tubggu proses sampai selesai.
2. Fitur-Fitur Microsoft Office Word 2007
a. OFFICE BUTTON : tombol untuk menampilkan semua perintah yang berkaitan dengan pengolahan dokumen, seperti membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen dan lain-lain
b. QUICK ACCESS TOOLBAR : toolbar yang berisi ikon-ikon perintah yang sering digunakan
c. TITLE BAR : baris judul dari dokumen yang sedang aktif
d. CONTROL BUTTON : tombol pengendalian jendela aplikasi microsoft word. Ada 3 macam, yaitu minimize (memperkecil jendela microsoft dan membentuk ikon aktif pada taskbar), maximize (memperbesar ukuran jendela), dan close (menutup jendela microsoft)
e. MENU BAR : bagian tabulais menu yang berisi sedertan grup ikon yang otomatis akan muncul menyesuaikan dengan yang dikerjakan
f. HELP BUTTON : menampilkan jendela bantuan tentang penggunaan microsoft office word 2007
g. GRUP : tab menu yang berisi ikon-ikon perintah pengerjaan program
h. TOMBOL KOTAK DIALOG : menampilkan kotak dialog lanjutan
i. RULER : mengatur ukuran lembar kerja serta identitas paragraf. Ada 2 macam, yaitu horizontal ruler dan vertical ruler
j. LEMBAR KERJA : tempat mengetik dan mengolah dokumen
k. SCROLL BAR : menggeser lembar kerja. Ada 2 macam, yaitu horizontal scrool bar (ke kiri/kanan) dan vertical scrool bar (ke atas/bawah)
l. STATUS BAR : berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif (jumlah halaman, nomor halaman, jumlah huruf, dsb)
m. VIEW TOOLBAR : mengatur tampilan lembar kerja microsoft word
n. ZOOM CONTROL : mengatur ukuran tampilan lembar kerja
3. Mengolah Data di Microsoft Office Word 2007
a. Membuat dokumen baru
•Gunakan perintah shortcur Ctrl+N pada keyboard atau klik ikon NEW (pada Quick Access Toolbar), tekan office button, kemudian pilih new
• Akan muncul jendela new document
• Pilih blank documen, kemudian tekan create.
Maka, lembar kerja dokumen baru akan muncul
b. Menyimpan dokumen
•Gunakan perintah shortcut Ctrl+S, klik ikon save atau klik office button, kemudian pilih save as
•Akan muncul kotak dialog save as
•Pada bagian save in pilih drive atau folder yang diinginkan
•Ketik nama file
•Klik tombol save
c. Membuka dokumen
•Gunakan ikon open (quick access toolbar)
•Menggunakan menu open (office button)
•Menggunakan perintah shortcut Ctrl+O
•Melalui menu ky documents (start-->pilih my documents)
•Melalui fasilitas windows explorer
d. Menyalin dokumen
•Lakukan blok/ seleksi pada paragraf
•Pada grup clipboard --> klik ikon copy atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C
•Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan kursor pada tempat salinan diletakkan
•klik ikon paste atau Ctrl+V
e. Memindahkan dokumen
•Lakukan blok atau seleksi pada pada objek atau teks yang akan dipindahkan
•klik ikon cut atau Ctrl +X
•Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan kursor pada tempat salinan diletakkan
•klik ikon paste atau Ctrl+V
f. Mencetak dokumen
•Klik ikon print (quick access toolbar) atau tekan office button, kemudian pilih print
g. Mengatur batas margin halaman : bisa menggunakan ruler atau ikon margin (page loyout)
Untuk mengaturnya :
•Aktifkan dokumen yang akan diatur batas marginnya
•Pada tab menu PAGE LAYOUT --> grup PAGE SETUP --> klik ikon MARGINS
•Pilih salah satu ukuran yang diinginkan
•Apabila ingin muncustom, klik pilihan custom margins sehingga muncul jendela page setup
•Atur batas margin sesuai yang diinginkan
•Setelah selesai, klik OK
4. Memformat dokumen microsoft office word 2007
a. Pengaturan Teks
•Lakukan seleksi pada teks
•Klik salah satu ikon pada tab menu Home --> grup Font
b. Pengaturan Paragraf
1) Identasi paragraf (jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraf). Cara melakukan identasi paragraf :
a)Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur
b)Pada bagian ruler lakukan klik, tahan dan geser pada bagian first line indent, left indent, hanging indent atau right indent
2) Mengatur Peralatan Paragraf
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur
b)Pada tab Home --> grup paragraph --> klik align text left, center, align text right atau justify
3) Mengatur jarak spasi
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur
b) Pada tab menu Home --> grup paragraph --> klik ikon line spacing
4) Membuat penomoran otomatis
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran
b) Pada tab menu Home -->grup paragraph --> klik ikon numbering
atau
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran
b) Pada tab Home --> grup paragraph --> klik ikon bullets
c) Pilih salah satu jenis bullet atau gambar yang diinginkan
5) Membuat header dan footer
a) Buka dokumen yang akan diberi header
b) Pada tab menu insert --> grup header & footer --> klik ikon header
c) Pilih salah satu layout header yang diinginkan
d) Klik pada bagian type text dan ketik teks sesuai yang diinginkan
e) Setelah selesai, klik tombol close header and footer
Cara untuk membuat footer :
a) Buka dokumen yang akan diberi footer
b) Pada tab menu insert -->grup header & footer --> klik ikon footer
c) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan
d) Klik pada bagian type text dan ketik teks sesuaiyang diinginkan
e) Setelah selesai, klik close header and footer
Komentar
Posting Komentar